She Uban's Chronicles

We blog for edutainment!

“ASAL MULA KEHIDUPAN”

clip_image002Ayam dan telor sering terpanetrasi dalam pembahasan umum yang beredar di kalangan masyarakat. Mengenai rotasi sistem kehidupan, ayam dan telor sering dipertanyakan tentang apa atau siapakah yang menjadi pendahulu kehidupan diantara keduanya. Oleh karena itu bermunculanlah berbagai teori mengenai konsep asal usul kehidupan.

Teori konsep kehidupan sendiri terpecah ke dalam dua kelompok, yaitu abiogenesis (Generatio Spontanea Theory) dan biogenesis (Omne Vivum Ex Ovo, Omne Ovum Ex Vivo). Dalam teori abiogenesis menerangkan mengenai asal usul suatu kehidupan. Berbeda dengan abiogenesis, teori biogenesis menerangkan bahwa asal mula makhluk hidup berasal dari makhluk hidup juga.

Dalam teori Abiogenesis, Aristoteles berpendapat bahwa makhluk hidup berasal dari benda mati yang timbul secara spontan karena adanya gaya hidup. Pendukung teori abiogenesis ini antara lain, Antonie Van Louwnhook dari Belanda dengan dasar penemuan jentik-jentik pada air hujan dan rembesan air jerami, sehingga berpendapat bahwa jentik-jentik tersebut berasal dari air. Ada juga John Needham, seorang berkebangsaan Inggris yang sepaham dengan teori abiogenesis berdasarkan percobaan tumbuhnya mikroorganise pada air rebusan daging, sehingga berpendapat bahwa mikroorganisme berasal dari rebusan daging.

Teori biogenesis yang menyatakan asal mula makhluk hidup berasal dari makhluk hidup juga memiliki pendukung diantaranya Lazaro Spalansani, Francesco Redi, dan Louis Pasteur. Lazaro Spalansani menentang pendapat dari teori John Needam dan menyatakan bahwa mikroorganisme yang terdapat pada air rebusan air tersebut diperoleh dari udara dan bukan dari air rebusan daging tersebut. Francesco Redi membuat kesimpulan dari hasil percobaannya, bahwa larva yang terdapat dalam daging yang membusuk bukan berasal dari daging itu sendiri, tetapi berasal dari lalat yang hinggap dan bertelur.

Louis Pateur akhirnya mempunyai 2 kesimpulan dalam percobaannya, yaitu, mikroorganisme yang tumbuh bukan berasal dari benda mati tetapi dari mikroorganisme yang hidup, dan jasad renik berada di udara bersama dengan abu. Selain itu Pasteur juga sangat terkenal dengan semboyannya “Omne Vivum ex Ovo, Omne Ovum ex Vivo” yang mempunyai pengertian kehidupan berasal dari telur, dan telur berasal dari makhluk hidup, makhluk hidup sekarang berasal dari makhluk hidup sebelumnya, makhluk hidup berasal dari makhluk hidup juga.

Teori tentang asal usul kehidupan terus berkembang dan akhirnya muncul teori baru yang dikemukakan oleh Harol Urey yang berpendapat bahwa kehidupan berasal dan terjadi pertama kali di udara (atmosfer). Teori Harol Urey tersebut dikenal dengan Teori Urey yang menjelaskan bahwa gas metana, ammonia, hidrogen, dan uap air yang dialiri arus listrik akan menghasilkan asam amino yang merupakan dasar terbentuknya protein.

Sumber :

Buku Ikhtisar Materi Penting Biologi

kamuspengetahuan.blogspot.com

id.shvoong.com

Single Post Navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: