She Uban's Chronicles

We blog for edutainment!

Pemahaman Tentang Fisika

DSC02196Fisika berasal dari bahasa Yunani physikos yang berarti alamiah dan physis yang berarti alam. Dengan demikian berarti fisika adalah sains atau ilmu tentang alam dalam makna yang terluas. Dalam fisika mempelajari gejala alam yang tidak hidup atau materi dalam lingkup ruang dan waktu.

Para fisikawan mempelajari perilaku dan sifat materi dalam bidang yang sangat beragam, mulai dari partikel submikroskopis yang membentuk segala materi hingga perilaku materi alam semesta sebagai satu kesatuan kosmos.

Beberapa sifat yang dipelajari dalam fisika merupakan sifat yang ada dalam semua sistem materi yang ada, seperti hukum kekekalan energy. Fisika sering disebut sebagai “ilmu yang paling mendasar”, karena setiap ilmu alam lainnya mempelajari jenis sistem materi tertentu yang mematuhi hukum fisika.

Fisika tidak akan terlepas dengan matematika. Teori fisika banyak dinyatakan dalam notasi matematis, dan matematika yang digunakan biasanya memiliki tingkat kerumitan yang lebih jika dibandingkan dengan sains lainnya. Yang membedakan fisika dengan matematika adalah kajian dalam fisika yang lebih ke materi, sedangkan matematika berhubungan dengan pola abstrak yang tidak selalu berhubungan dengan materi.

Bidang fisika meliputi Mekanika, Elektromagnetik, Thermodinamika, Fisika modern, dll.

Sumber:

Buku Pintar Fisika

Id.wikipedia.com

Single Post Navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: